Minggu, 07 Maret 2010

Dinsos Kunjungi Dusun Undul

TANJUNG - Dalam rangka mewujudkan pemerataan pembangunan di daerah terpencil, khususnya tepatnya di Dusun Undul Desa Bumi Makmur, Kecamatan Bintang Ara, Dinas Sosial dan Pariwisata melakukan kunjungan di daerah itu.

Dusun Undul wajar disebut kawasan terpencil. Bagaimana tidak, dalam perjalanannya menempuh jarak yang cukup jauh hingga puluhan kilometer dari jalan beraspal. Selain jauh, selama perjalanan rute berlumpur dan penuh dengan jurang terjal. Pun begitu, rombongan dinas sosial dan pariwisata pun terus melaluinya dengan sabar. Meskipun harus terperosok dan harus berkotor-kotor.

Rombongan sendiri langsung dipimpin Kepala Dinas Sosial dan Pariwisata Pemkab Tabalong Drs H Birhasani MSi, dengan bersama beberapa stafnya. Selain itu, ikut dalam kunjungan itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong dan perwakilan dari Dinas Sosial Propinsi Kalimantan Selatan.

Setelah sampai di Dusun Undul, masyarakat adat yang telah tinggal lama di sana menyambut kehadiran rombongan dengan suka cita,.

Diungkapkan Birhasani, apa yang dilakukan pihaknya itu dalam rangka bimbingan sosial dan motivasi berkala secara terpadu dalam program pemberdayaan komonitas adat terpencil (KAT). Selanjutnya, kedepan akan dilakukan pembangunan berupa jalan tembusan hingga menuju kawasan tersebut. Tidak hanya jalan yang menjadi sasaran pembangunannya, tetapi beberapa sarana dan prasarana lainnya. Seperti sekolah dan tempat pelayanan kesehatan berupa polindes juga akan dilakukan.

“Nanti disini akan dibangun jalan, jadi bapak-bapak harus siap mempersiapkan apa yang akan diperlukan,” terang Birhasani meminta bantuan kepada warga masyarakat yang sengaja dikumpulkan dalam satu ruangan. (mr-100).

Tidak ada komentar: