Minggu, 07 Maret 2010

Pemerintah AS Kembali Tutup 4 Bank

Minggu, 7 Maret 2010 - 12:55 wib
text TEXT SIZE :
Widi Agustian - Okezone
Logo FDIC. Foto: fdic.gov

WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat (AS) kembali menutup empat bank. Dengan demikian, jumlah banyak yang telah ditutup selama tahun ini sudah sebanyak 26 bank.

Seperti dikutip dari Reuters, Minggu (8/3/2010), penutupan bank-bank ini dilakukan karena buruknya kualitas kredit yang diberikan bank tersebut. Yang terbesar dari empat bank yang ditutup tersebut adalah Sun American Bank of Boca Raton , Florida yang memiliki aset sebesar USD535,7 juta dan deposito sebesar USD443,5 juta.

Selain itu, regulator juga menutup Centyinnial Bank of Odgen di Utah, Waterfield, Bank of Germantown di Marryland dan Bank of Illionis of Normal.

Sementara itu, Chairman Federal Deposit Insurance Corp (FDIC) Sheila Bair memperkirakan kegagalan bank akan tetap tinggi sampai 2010, walaupun ekonomi sudah berjalan membaik. Di mana industri perbankan terus mengalami kerugian dari kualitas kreditnya yang buruk.

Selama 2009, pemerintah tercatat telah menutup 140 bank. Naik signifikan jika dibandingkan dengan 2008 yang hanya 25 bank dan 2007 yang hanya tiga bank yang ditutup.

Industri perbankan ini telah beralih dari yang awalnya hanya fokus pada pembiayaan kredit kepemilikan rumah (KPR) dan penjaminan aset (sekuritas) beralih ke penyaluran kredit ritel dan komersil yang terpukul oleh krisis.

Selanjutnya, 12 cabang dari Sun American Bank akan dibuka kembali pada Senin sebagai cabang dari Pertama-Citizens Bank & Trust Company dari Raleigh, North Carolina. Namun, FDIC tidak mampu menemukan pembeli untuk Bank Centennial sehingga jaminan akan dikirimkan pada hari Senin untuk deposan ritel untuk dana asuransi mereka.

FDIC juga harus menciptakan lembaga penyimpan baru untuk mengambil alih operasi Waterfield Bank. dan bank tersebut akan tetap buka hingga 5 April mendatang sampai deposan memungkinkan akses ke dana asuransi mereka dan waktu untuk memindahkan account mereka.

Sementara Heartland Bank dan Trust of Bloomington, Illinois, setuju untuk mengambil alih dari deposito dari Bank of Illinois, yang dua cabang akan dibuka kembali pada hari Sabtu sebagai cabang dari Heartland. (wdi)(rhs)

Tidak ada komentar: