Kamis, 20 Agustus 2009

Indonesia Berpotensi Besar Capai Pertumbuhan Ekonomi 5,5-6 persen



Senin, 17 Agustus 2009 20:58 WIB 3 Komentar
Penulis : Rini Widuri Ragillia
JAKARTA-MI: Indonesia sangat dimungkinkan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 5,5 persen hingga 6 persen pada tahun 2010.

Demikian disampaikan oleh pengamat ekonomi Pande Raja, Senin (17/8).

"Asumsi untuk mencapai 5,5% hingga 6% itu dapat saja tercapai. Bukan hal yang tidak mungkin," ujarnya.

Menurut Pande, kemungkinan tersebut didorong oleh mulai pulihnya kondisi perekonomian global pada 2010 nanti. Sementara kondisi perekonomian dalam negeri sangat dipengaruhi kondisi ekonomi dunia.

Krisis global dinyatakan telah sampai di batas bawah dan tinggal menunggu waktu untuk kembali membaik.

"Tanda-tanda kondisi ekonomi dunia sudah sampai paling bawah. Sejauh mana pulihnya nanti kita lihat, karena sebenarnya perekonomian kita sangat tergantung pada faktor eksternal, faktor global. Karena dulu penggerak ekonomi kita dalah ekspor," jelasnya.

Meskipun banyak dipengaruhi faktor eksternal, namun Pande juga menegaskan bahwa faktor internal juga ikut memberikan kontribusi dalam hal ini. Salah satu faktor internal yang dapat membantu percepatan perbaikan ekonomiIndonesia dan sekaligus dapat digunakan sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi adalah dengan mempercepat pembangunan infrastuktur.

Dengan dibangunnya infrastruktur, sambungnya, proyek-proyek pemerintah terlaksana sekaligus terdapat kegiatan penciptaan lapangan kerja. "Itu yang dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi," katanya.

Meski demikian, ia mengingatkan pemerintah untuk berhati-hati dalam menentukan kebijakan terkait penentuan besarnya pertumbuhan ekonomi tersebut.

"Pemerintah tetap harus hati-hati. Walaupun sebenarnya ini kan juga untuk memupuk optimisme. Kita tetap harus pertimbangkan faktor-faktor yang ada," ujarnya. (DU/OL-7)
(http://www.mediaindonesia.com/read/2009/08/08/90899/23/2/-Indonesia-Berpotensi-Besar-Capai-Pertumbuhan-Ekonomi-55-6-persen)

Tidak ada komentar: